LINTAS DIARE

Dicopas dari jawaban dr Yossi Arioseno di milis mpasirumahan :

Dear Moms and Dads,

Saat ini Pemerintah didukung oleh WHO & USAID sibuk mensosialisasikan program Lintas Diare (Lima Langkah Tuntas Mengatasi Diare).

5 Langkah tersebut adalah :

1. Pemberian Oralit baru, dapat mengurangi rasa mual dan muntah. Berikan segera bila anak diare, untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi.

2. ZINC diberikan selama 10 hari berturut-turut untuk mengurangi lama dan beratnya diare, mencegah berulangnya diare selama 2-3 bulan. Zinc juga dapat mengembalikan napsu makan anak. Pemberian Zinc ini mempunyai evidence based Kelas I, yang mana lebih kuat daripada pemberian probiotik (evidence based kelas III). Penelitian di Bangladesh yg melibatkan lebih dari 8000 anak menunjukkan, untuk mencapai efek zinc yg optimal, diberikan zinc MINIMAL 10 hari.

3. ASI dan makanan tetap diteruskan sesuai umur anak dengan menu yang sama pada waktu anak sehat untuk mencegah kehilangan berat badan serta pengganti nutrisi yang hilang.

4. Antibiotik tidak diberikan KECUALI dengan indikasi misalnya diare berdarah (disentriform) atau yang diduga bakteri pada fasilitas kesehatan tanpa laboratorium.

5. Nasihat pada ibu atau pengasuh: KEMBALI KONTROL Segera jika demam, tinja berdarah, muntah berulang, makan atau minum sedikit, sangat haus, diare makin sering, ada tanda dehidrasi sedang-berat, atau belum membaik dalam 3 hari.

Itulah…
Bukannya nggak RUM, bukannya nggak ngerti tatalaksana hometreatment diare, cuma kok aku takut ya kalo anak diare, apalagi kalo ditambah muntah (muntaber) karena aku ada pengalaman traumatis terhadap diarenya Zua yang ternyata dia dehidrasi dan untung aja nggak terlambatšŸ˜¦ itu karena aku maksa mau hometrratment sementara papa ngotot bawa Zua ke RS.. Terus ulil marah banget karena katanya aku mainin nyawa anakšŸ˜¦
Sejak saat itu kalau Zua sakit, apalagi diare aku lebih aware dan sebisa mungkin apa yang keluar diganti dengan jumlah yang kurang lebih sama, terus cepet-cepet ke dokter deh..

Semiga info ini berguna ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s