Makan Siang Yuk!

20120119-120957.jpg

Resep ini didapat dari budhe Lusi, juru masak dirumah mertua, gampang dan bumbunya pasti ada deh ditiap rumah.. Aku udah nyobain pake ayam, daging sapi dan udang tapi yang terenak adalah pake ayam dan sapi, kalau pake udang kurang enak mungkin karena nggak ada kaldunya ya.. Yuk dicoba, masih sempet bikin buat ntar malam loh😀

Bahan :
• 1/2 kg daging yang empuk (has dalam atau lulur oke juga)
• 10 butir bawang merah
• 7 butir bawang putih
• daun bawang secukupnya, diiris sepanjang seruas jari (agak banyak juga enak, jadi harum)
• jahe kira-kira sepanjang telunjuk

• kecap manis

• garam-gula-merica

Cara membuatnya :

• rebus daging dengan air sampai empuk, tips dari aku jangan pakai air terlalu banyak, lebih baik tambahkan air panas sedikit-sedikit supaya kaldunya keruh dan gurih
• potong-potong daging tadi, rebus lagi
• haluskan bawang merah, bawang putih
• keprek jahe
• iris-iris daun bawang

• tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan juga jahe keprek, tumis sampai harum dan agak kekuningan

• masukkan daging yang udah diiris-iris, tambahkan air kaldu kurang lebih segelas belimbing
• masukin kecap manis (ini selera, aku masukin banyak jadi rasanya manis gurih)
• aduk-aduk, tambahin lagi air kaldu segelas
• masukin daun bawang

• cicipin, kasih garam-gula-merica

Makan pakai nasi anget aja udah enak banget loh.. Aku biasa suka masukin tahu juga, cukup digoreng bentar, masukin bareng daging, jadi tahunya enak manis-manis gitu.. Enak makannya pake rajangan rawit!
Siang ini sayurnya bikin tumis kacang panjang..

20120119-132920.jpg

Bahan :
• kacang panjang, dipotong sejari
• bawang merah 4 siung, iris tipis
• bawang putih 2 siung, iris tipis
• cabe merah besar 2 buah, iris tipis
• tomat 1 butir

Cara membuat :
• tumis bawang merah, bawang putih sampai harum, masukin cabe merah, tumis lagi
• masukkan tomat, tumis sampai layu
• masukkin kacang panjang, lalu tambahkan air, kalau aku tadi pake air sisa rebusan daging buat bikin daging kecap tadi
• tambahkan garam-gula-merica

Sederhana kan masaknya? Namanya juga ibu-ibu mesti pinter putar otak nemu menu yang baru hehehe.. Kalau zua makannya hari ini ikan dorang digoreng kering sama pakai tumis kacang panjang, yumm!

5 thoughts on “Makan Siang Yuk!

  1. Asop says:

    Saya sumbang satu like.😀

  2. Hehehe..iya, namanya ibu2 ya jeng, tiap hari yang dipikirin mo masak apa hari ini?

    Kalo bikin tumisan, aku suka tambahin saos tiram, jeng, tapi pake punyanya lee kum kee yang non premium yang gak pake msg itu. Beda aja rasanya kalo pake saos tiram, lebih enak kalo di lidah kami😀

  3. ndutyke says:

    aku lagek arep belajar masak…😛
    cucok ni 2 resep buat belajaran🙂
    trimi kisi ya nyah….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s