Kreteg Ning Ati

Kalau kata orang Jawa kreteg ning ati itu kurang lebih artinya ganjalan didalam hati (cmiiw yah, maklum yang nulis Jawa abal-abal)
Yah itulah yang aku rasakan beberapa waktu belakangan ini.. Apa penyebabnya? Gak lain dan gak bukan adalah masalah ART *group hug buat ibu2* yang kayanya merongrong jiwa ini *tsaaah*

awaknya adalah setelah kepindahan kerumah mertua, beliau kan memang gak tinggal disini kecuali weekend, nah si mbak pembantu ini umurnya 50an, gak bisa baca, tulis, ngitung, masak, agak budeg, sering sakit dan gak berani tinggal dirumah sendirian😦
Praktis sejak tinggal disini aku udah hampir gak pernah nginap di rumah ortu lagi, pernah sih tapi cuma aku ama Zua karena Ulil tetap tidur disini wong mbaknya takut dirumah sendirian udah kami periksakan ke puskesmas, udah dirontgen, tes dahak, hep A dan B sesuai arahan iti alhamdulillah hasilnya sih bagus ya cuma dia ada ISPA. Udah diobatin eh bulan depan sakit lagi, mau nangis deh rasanya.. Trus mulai makin parah karena dia merasa ada yang mengguna-gunain dia, orang kampungnya juga, makanya dia sakit-sakitan.. Karena keberadaan dia disini udah ketauan! Disini mulai terasa makin gak sehat deh, jadi pas dia minta pulang, mama mertua sudah oke. Aneh juga pas mau pulang dia gak mau pulang ke kampungnya karena takut disantet, dia mau pulang ke kakaknya yang lebih jauh lagi dari Surabaya!

Akhirnya dia pulang, drama berlanjut dengan maidless. “Okay, i can manage it” itu mantraku, tapi aku lupa, itu mantraku dirumah kami yang satu lantai dan aku tidak sedang hamil 35 minggu! Jadilah hari-hariku mulai dipenuhi dengan gerutuan dan kesedihan walau didalam hati, yang ternyata ngefek banget ke Zua! Inilah yang aku maksud dengan kreteg ning ati tadi. Ketika perasaanku kacau, Zua merasakannya dan dia nangis tiap kali sampai disekolah, gak mau sekolah!! Alasannya : kasian bunda sendirian dirumah nanti dia capek. Astaghfirullah…

Untungnya gak lama aku dapat pembantu pulang hari yang agak mahal tarifnya dan progress pekerjaannya meningkat dari hari ke hari cuman ya itu, jam 4 paling telat jam 5 dia udah pulang, tapi aku udah bersyukur buuuanget!
Lalu tiba-tiba kemarin mama mertua datang membawa mbak baru gak terkira dah aku senangnya😀 dan kata mama mertua si mbak pulang hari ini gak usah disuruh keluar, udah enak bener ada 2 mbak kaya gini katanya, apalagi bentar lagi ada baby pasti ketambahan beban pekerjaan kan..

Dan pagi ini aku bangun dengan malas, sholat subuh, tidur-tiduran sampe jam 5.30 lalu turun siapin sarapan dan bekal Zua, minta si mbak rebusin air.. Eh dibawah dia udah masak ayam buat sarapanku!
Dan aku urus Zua sambil nyanyi-nyanyi, gak keringetan rungsing ini itu.. Zua kelar masih bisa main robot sebelum becaknya datang, dan aku bisa dandan😀 trus pas aku anterin Zua…….. Dia gak nangis dong!!! Malah ketawa ketawa dan bilang “sampe rumah bunda makan lagi ya, kan ayamnya mbak Yati enak banget, jangan lupa jam 10 jemput abang! Kalau mau tidur dulu juga gak papa biar cepet sembuh” (aku lagi flu berat)
Dan sampe rumah si mbak Yati lagi masak sambel goreng kentang sama numis sayur buncis.. Aku tinggal minum obat lalu tiduran nih..
Bener-bener ternyata setelah aku “lepas” dari semua beban, Zua ikut “lepas” juga ternyata! Jadi selama ini dibawah sadarnya dia tertekan karena aku kepikiran gak ada mbak, gimana kalau aku lahiran, siapa yang urus Zua, gimana rumah, dan ini itu yang lain.. Dan aku sering nangis *thanks to lina yang seeelalu mendengarkan kecengenganku*

Ya Allah alhamdulillah, this is too good to be true! Semoga mudah semua dan selancar ini selalu, amien!

4 thoughts on “Kreteg Ning Ati

  1. Iya yah, ngaruh banget apa yang dirasain ibu ya. Apalagi buat anak sebaik Zua, pasti berasaa banget🙂

    Syukurlah semua udah selesai ya. Moga kedua mbak ini betah dan tambah bagus kerjanya yaa🙂

    • ndutyke says:

      Aamiin…
      Nggolek ewang iku prosoku kok luweh angel timbangane golek calon misua yoh? Setahun nenekku (I live in her hoz, btw) bisa sampek 5x ganti, ya ampyun akikeus pusiaaaaang….😆

  2. Irfan Ilham says:

    Mau tanya ni mbak.. saya kan lg butuh pembantu ni utk di surabaya.. kira2 ada info ga cari pembantu dimana.. saya dah mulai frustasi ni cari pembantu ga dapet2..

  3. […] aku pernah nulis disini bahwa kami ada pembantu pulang pergi, nah sejak 2 hari yang lalu dia sudah nggak disini lagi. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s