kASIh ASI buat Lemon

20120403-120005.jpg

Seperti yang sudah aku ceritain sebelumnya, alhamdulillah Lemon sukses IMD dan aku berharap banget ini jadi langkah awal kesuksesan ASI Eksklusif buat Lemon..
Bagaimana perjalanan menyusui (lagi) kali ini? TERDRAMA!

Bukaaan, alhamdulillah bukan karena ASI gak keluar, tapi karena over supply. Buat yang tau aku (yah minim follow ditwitter lah ya) pasti tau deh aku suka dibully karena ukuran payudara di twitter😀 perlu diketahui, besar-kecilnya ukuran payudara tidak berpengaruh pada jumlah ASI yang dihasilkan, tapi yaa itu ibu-ibu tersayang suka ngatain “malu ama tetek bun kalo ASI lu dikit” hahahahaha
Alhamdulillah supply-nya banyak! Terdrama adalah karena supplynya banyak, Lemon belom butuh banyak, jadilah aku merasa mulai gak enak badan, tepat malam setelah lahiran, jadinya aku berusaha keluarin ASI *yang mana masih berupa kolostrum* dan aku tampung pakai sloki medela lalu dikasih ke Lemon sehingga aku bisa santai kalau dia gak lagi menyusu langsung.
Kebetulan hari sabtunya ada Mira, temenku dari AIMI Jatim yang juga seorang KL, Mira baek bangeet, sekalian dibenerin perlekatannya dan sebagainya, sejak dibenerin perlekatannya udah lebih enakan cara Lemon menyusu, tapiii lagi-lagi malamnya drama dimulai!

Lemon makin pinter menyusu, produksinya makin banyak, bunda makin kesakitan😦
Berusaha pinjam medela Lactina, pompa ASI yang hospital grade itu, kompres panas dingin, sampai pijat payudara, semua sudah aku lakukan, tapi gak ada hasilnya dan makin sakit sampai aku gak bisa mengangkat tangan kanan saking sakitnya! jadilah Mira kembali dipanggil untuk hospital visit!
Dibantu Mira, kami berusaha menguraikan grenjel-grenjel di payudaraku, terutama di payudara kanan, saking parahnya, jadi harus Mira yang menguraikan, oh iya, kalau pijatnya benar, harusnya tidak ada rasa sakit ya, begitupun aku, ketika diterapi Mira, gak ada rasa sakit sedikitpun..
Lalu dicoba pompa lagi, pijat lagi, pompa lagi.. Heyaaaa.. Mulai keliatan hasilnya.. Bisa dikeluarin! Tapi kata Mira gak ada yang ngalahin hisapan anak, aku berusaha nenenin Lemon lagi, tapi dia udah kekenyangan maklum aja lambungnya masih kecil banget sementara hasilku udah banyak😀 akhirnya Zua yang dirumah karena lagi flu, ditelpon ayahnya. Alhamdulillah, Zua aku susuin 33 bulan, tahu betul dia manfaat dan rasa ASI, jadi dia yang disuruh bantu keluarin, kata dia “susah, yang ini macet!” tapi dibilang Mira dan mamaku kalau Zua membantu adeknya supaya mimiknya keluarnya gak macet dan supaya bunda gak kesakitan, bener loh setelah dihisap Zua, hasilnya sakitku berkurang!

Setelah aku pulang dari RS, sakit lagi!! Kata Mira ini karena perubahan dari kolustrum menjadi ASI mula. Aku coba hubungun mbak Astri yang juga ketua AIMI Jatim dan juga seorang IBCLC demi penanganan lebih lanjut, laaah kok ya mbak Astri sakit! Saran beliau aku coba kompres pake pospak yang dibasahi, karena lebih panjang jadi jangkauannya lebih luas, waah ide bagus! Setelah aku coba kompresannya, aku pompa dan aku susuin terus alhamdulillah sakitnya ilang.

Sekarang aku berusaha rutin untuk memerah 2x sehari, sekali memerah aku bisa dapat antara 110-130ml tiap payudara. Sebotol buat stock, sebotol lagi diminum sama Zua. kalau nggak merah, aku akan mengalami sakit gitu lagi, dan katanya itu bisa memicu mastitis, ASI bisa mampet, hiiih jangan sampai kejadian!
Sekarang masih dirumah mama, bisa nyetok dengan mudah, nanti kalau udah balik ke rumah bingung gimana cara nyetoknya nih, si ayah nawarin beli kulkas kecil, jadi dipikir dulu narohnya dimana🙂 yang jelas ayahASI udah mendukung *smooch*

Azmi baru 2 mingguan umurnya, masih sangaaaat panjang perjalanan ASIXnya, semoga lancar dan Azmi bisa dapat ASI seperti dulu abangnya..

ASIku sebagai investASI kesehatan buat anak-anakku.
I love you to the flesh and bone, kiddos!

6 thoughts on “kASIh ASI buat Lemon

  1. ndutyke says:

    Moga2 lancar selalu ya buuun, asinyaaa… #bantuinmompa #eh

  2. ana says:

    *kirim bakpia biar semangat mompa*

    miss u bun! :*

  3. Haduh, malah bukan karena sedikit tapi karena kebanyakan yaaa…. Untung ada Zua yang bisa ikut nampung yaaa😀

  4. Resna says:

    Asinya dmnm zua bun?hihihihi..tambah sehat yah zua🙂
    Emang ada tekhniknya yah mengurai grenjel2 jd pengen ikutan pelatihan konselor laktasi juga..kasian sodara yg nyerah ga nga-Asi karena ga tega ngliat bayi nangis di awal😦

Leave a Reply

