Black pepper beef (my style!)

20130320-214542.jpg

i’m not a beef junkie

Sevetulnya aku sangat susah makan daging dan ayam! Masa gadisku cuma makan seafood aja, tapi lalu Ulil bilang kalau dirumahnya nggak bisa milih-milih makanan.. MATEK! jadi satu-satunya pencitraan cara adalah belajar untuk makan segala yang ada dimeja! Alhamdulillah sampai hari ini aku udah bisa makan daging sapi, otak, jerohan, ayam.. Yang gak ketelen cuma daging kambing selain dimasak sate!

Terus tadi tiba-tiba kepengen banget makan black pepper beef.. Nganggur karena Imii bobok paginya lama banget, akhirnya bikin sendiri deh..
Coba dulu deh, enak kok!

Bahan :

– 1/2 kg Daging sapi pakailah has dalam untuk hasil terbaik *klo babi ya jadi babi lada hitam dong yah*
– 1 butir bawang bombay potong bentuk cincin
– 2 butir bawang putih cincang halus
– 3 sdm saus tiram
– kecap manis secukupnya
– lada hitam utuh dan sedikit freshly ground black pepper

kalian bisa masukin bell pepper alias paprika, tapi aku nggak begitu suka jadi gak aku masukin sih..

Cara membuat :

– daging sapi diiris tipis melawan serat. Lumuri tepung terigu, goreng, lalu sisihkan
– panaskan mentega
– tumis bw bombay sampai keemasan dan harum, masukkan bw putih
– masukkan saus tiram dan kecap manis biarkan sampai meletup, masukkan black pepper.
– tambahkan air kurleb 1,5 gelas, masukkan daging sapi
– biarkan smp mendidih, nanti jadi kental sendiri

Sauted veggie

– 1/2 bw bombay
– 1 bw putih
– 1 sdm gula
– wortel, buncis, jagung manis

Caranya :

– panaskan mentega
– masukkan bw bombay, sampai keemasan dan harum, masukkan bw putih..
– masukkan gula, aduk sampai jadi karamel, jangan hangus
– masukkan wortel, aduk terus kira2 5 menit
– masukkan buncis dan jagung
– aduk terus.. Jangan ditambah air, nanti nggak manis.. Masak sampai 10 menit dengan api besar.. (Klo aku suka sayurnya manis, aku kasih gula lagi 1/2 sdm) masukkan garam 1/2 sdt, merica bubuk sedikit (untuk aroma aja)
– matikan api, tutup wajan kurleb 5 menit..

Itu untuk sauted veggie ala resto yg manis dan segar😀

Dimakan pakai mashed potato enak, tapi paling enak pake nasi putih anget doong!

17 thoughts on “Black pepper beef (my style!)

  1. bemzkyyeye says:

    nyam nyam.. mau coba ah, ijin copas resep nya yah bundir😀

  2. danirachmat says:

    Aih, jadi keinget makan di fiesta 21 kemaren. rasanya ga jelas. Kayaknya enak bener BunDhir. Boleh dong nyiciiip..😀

  3. bebe' says:

    Waaah.. aku belum coba yang model gini Dhir.. nanti coba ah.. makasih resepnyaaa..^_^

  4. Desi says:

    aku baru tau tentang resep sauted vegie ini disini bundhirr..hihihi
    wajib dicoba deh ini resyepnya.. ;))

  5. Zipora Maria says:

    Hemm enyaknya…simple ya? Mau coba ah kapan-kapan..makasih udah share resepnya ya Dhira😉

  6. leonyhalim says:

    Sama! Gak ketelen daging kambing hahahaha…

    Wah, sapinya digoreng dulu ya Dhir? Deep fried ? Niru ahhhh

  7. ini_dhita says:

    ackk mau coba ah..aku juga kurang suka daging dhir. azka juga ga suka karena keras gitu kan. kecuali daging cincang kayak di spagetti masih doyan dia. tapi resep ini tampak gampang aku jadi pengen cobaa hihi.

    thanks ya dhiraa resepnya

    • dhira rahman says:

      Ini gampang apalagi kalo buat *pura2nya* candle light dinner hahahaha…
      Ooohh azka sama kaya zua! Jadi sekarang masak daging dipukulin sampe hampir ancur

  8. sondangrp says:

    aku akan cobaaaaa, ini resep tanpa bantuan asisten juga kayaknya. kagak ada proses ngulek eh ngeblender segala asooy aku beli black peppernya dlu ah ini highlight masakan mingdep

Leave a Reply

