Rindu Ramadhan

image

Hari kedua Ramadhan. Tiba-tiba terasa mellow deh keinget kalau tahun ini seperti juga tahun-tahun berlalu, aku nggak akan merayakan idul fitri sama mama dan papa.. tahun ke 6.. kadang suka takut “bagaimana kalau ini idul fitri terakhir sama mama atau papa?” Tapi cepat-cepat istighfar dan mohon supaya mama papa dikasih usia yang panjang dan bermanfaat serta kesehatan yang selalu prima.

Melayang ke 7 sampai 10 tahun kebelakang.. ketika kami semua anak-anak gadis mama dan papa belum ada yang menikah. Terlahir sebagai anak pertama dari 3 bersaudara yang SEMUANYA perempuan jelas dong ya kompaknya kaya apa.. kalo berantem seru perang mulut sampe teriak2an macem tarzan tapi gak lama udah sayang-sayangan lagi.
Dulu waktu aku masih umur TK dan SD, kalau siang panaas banget aku akan tidiran dilantai rumah kami yang marmer dan selalu dingin, biasanya mama akan bacakan buku cerita nabi sambil kompres kepala atau leherku pakai handuk dingin.. kemudian tiap mau buka puasa, mama akan ajak aku dan dita (adekku, anak no 2) untuk jalan kaki ke toko kecil yang jual es krim, selisih 3 gang dari rumah kami.. duh rasanya udah seneeeng banget! Kebetulan aku puasa maghrib sejak tk nol kecil jadi setiap ketemu orang lalu mama cerita tentang itu rasanya aku bangga banget!

Lalu masuk usia SMA dan kuliah, kalau ramadhan aku biasa boncengan naik motor sama dita beli gorengan atau martabak. Pernah tuh rekor kita beli martabak 2 bungkus dan abis dimakan bertiga sama icha (si bungsu) malamnya abis teraweh kita beli lagi doong😀

Dulu jaman itu aku udah mulai nyambi kerja di WO jadi kumayan suka punya duit jadi jajan-jajan melulu kerjaannya.. terus waktu aku mulai pacaran juga, adek-adekku suka ngompasin minta dijajanin juga ama pacar-pacar aku hahahaha.. tapi aku juga suka pacaran ngajak adik-adikku sih, sekalian ngetes sayang gak ama keluargaku..

Nah balik ke ramadhan.. kita sukanya beli gorengan, martabak atau es kelapa muda! Kalo pas gak beli es kelapa muda kita bikin es selasih yang dikasih sirup rose sama susu kental manis, aduh enak banget deh! Biasa jam 16.00 kita udah mandi deh tuh terus jam 16.30 mulai ngabuburit cari jajanan naik motor keliling kompleks. Sampe jam 17.00 kadang 17.30 kita kelilingnya.. sampe rumah cepet-cepetan bikin ramuan buat martabaknya yaitu potongan cabe dan timun yang direndam kecap manis.. seger buuuanget dah pokoknya!!
Kadang aku bikin spaghetti carbonara, nah ini takjil kesukaan dita nih.. dia klo aku bikin ini makannya banyak banget! Paling enak kalau pakai sosis kalengan merk sopini, duuh masih susah dulu cari sosis bernardi, apalagi smoked beef! Rumah kami gak deket supermarket gede.. justru itu kali ya, tiap bikin spaghetti carbonara yang dikangenin adalah aroma sosis sopini😀

Demi mengobati rasa rindu awal puasa ini aku nginep dirumah mama, kebetulan sekalian Zua libur.. sayangnya dita nggak bisa ikutan nginep😦 karena dia kan udah nikah dan punya rumah sendiri juga..

Bagaimanapun cara menghabiskan ramadhan, tetap.. ramadhan masa kecilku lekat dihati dan kurindu..

24 thoughts on “Rindu Ramadhan

  1. Arman says:

    sedih nya begini ya kalo tinggalnya gak deket ama ortu… tapi ya mau gimana lagi ya…

    met puasa ya…

  2. julia liem says:

    biar gw ga ikutan puasa, tetep kangen jg masa2 bln puasa druma. tiap puasa, emak gw sering siapin jajanan n kolak banyakk buat karyawan2 konveksinya, ajib sering berlebih2 jadi bisa gw comot2in buat ngemil sambil ntn insert investigasi sore2 hehe

  3. yeye says:

    Bundhir, aku pun sk kangen puasa brg ade ku hihihi

    Bnr2, puasa masa kecil slalu lekat dihati dan bikin rindu🙂

  4. danirachmat says:

    Huhuhu. Kangen juga jadinya BunDhir

  5. Baginda Ratu says:

    selamat puasa, Mbak Dhira…
    Kenangan puasa pas kecil memang ngebekaaasss banget, ya. Dan sekarang jadi PR buat kita, gimana caranya supaya setiap Ramadhan berkesan buat the krucils..🙂
    Oh, btw… ide ngajakin adik2 nemenin pacaran buat nge-test pacar sayang keluarga apa nggak itu : T-O-P, deh!😉

    • dhira rahman says:

      Naah sekarang aku sebisa mungkin memberi pengalaman ramadhan yg sama ke zua! Ini aku ajak jakan k alfamart beli es krim, atau dia yg boleh milih takjil.. gitu2 sih..
      O jelas dan ide itu aku pelajari dari tante2ku, adiknya papa hahahahaha

  6. emaknyashira says:

    Dhiraa ini bikin gw kangen ritual puasa ramadhan zaman gw kecil dulu lengkap dengan agenda ramadhan dari sekolah yang harus diisi tiap hari itu.
    Walopun gw masih tinggal deketan sama ortu tapi namapun udah dewasa ya pastinya gak ada yang sama lagi.
    Jadi sediiih T_T

  7. […] kelar baca postingan Dhira yang ini dan sukses bikin mata jadi panas, pengen nangis banget […]

  8. liamarta says:

    halo mbak Dhira, salam kenal🙂
    Iya masa-masa kecil terutama di bulan Ramadhan emang menyenangkan untuk dikenang yah.. ^^ nanti aku mau juga ah bikin cerita tentang masa kecilku di bulan Ramadhan. hehehe.

    selamat berpuasa mbakk🙂

  9. ndutyke says:

    puasa yg berkesan bagiku adalah, ketika tahunnya Gus Dur klo ga salah ya? Apa Megawati? Yang sekolah libur sebulan penuh? Tapi lama2 ga acik ah klo kebanyakan libur. mending di sekolah deh, ketemu temen2. skrg jg rasanya seneng-seneng-lemes klo puasaan dibawa ngajar. mau teriak2 gak kuat, tapi hasrat ingin marah2 kadang masih ada aja, wkwkwkwk……

    • dhira rahman says:

      Iya betul!! Tapi libur sebulan malah gak manfaat deh aku mem soalnya main melulu ya pancet ae mokel!!
      Mem story doong tempat jajan di area jajahanmu sanaa

      • ndutyke says:

        ada…. sate babi…. wkwkwkwk….. disini mah dari yg halal ampe haram ada bun… tp jujur aja aku jarang makan di luar. si Abi ga sepiro suka jajan.

  10. […] baca dua postingan tentang kenangan Ramadhan jaman masa kecil dulu dari BunDhir dan Jeng Etty, jadi membeng-membeng juga ini mata inget-inget Ramadhan masa kecil dulu di Surabaya. […]

  11. selamat berpuasa yah mbak mohon maaf lahir dan batin dari emak kinan dan keluarga..haduh jadi ingat beli jajanan untuk puasa di masjid raya surabaya itu….:)

  12. […] cerita Nabi dan Rasul. Aku sedikit banyak hapal ceritanya karena seperti yang aku pernah ceritakan masa kecilku dilewati dengan kenangan indah mama yang cerita kisah Nabi dan Rasul atau mama yang membacakan buku […]

  13. […] saat bulan ramadhan yang aku tulis disini yang membekas […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s