#MaSuBa day 3 recipe

image

Berkat hastag #MaSuBa1434H yang sekarang udah jadi akun resmi itu aku jadi berusaha kalau nggak males untuk share menu makanan buka dan sahur dirumah, selain foto insya Allah sekalian share resepnya yes..

Kemarin menunya : ayam bumbu rujak yang resepnya bisa diklik disini

Here’s others recipe.

Sayur Asem

Bahan :

• 4 siung bawang merah
• 2 siung bawang putih
• 1 butir cabai merah besar
• 1 butir kemiri
• seruas jempol lengkuas
• 1 lembar daun salam
• seikat kangkung
• segenggam kecambah kedelai
• kacang panjang
Untuk sayurannya ini optional aja sesukanya yah..

Cara membuat :

• haluskan semua bumbu, kecuali lengkuas dan daun salam.
• masukkan bumbu halus, lengkuas yang sudah digeprak dan daun salam kedalam air mendidih
• masukkan sayurannya, setelah matang, matikan.

Empal Daging

Bahan :

• 5 siung bawang merah
• 3 siung bawang putih
• asam matang seruas jari
• 1 sendok makan ketumbar
• 1 kg daging

Cara membuat :

• rebus dulu daging sampai setengah matang (medium rare)
• keluarkan dari air rebusan lalu potong dengan ketebalan yang dimau
• haluskan semua bumbu diatas, tumis sampai harum
• masukkan daging kedalam tumisan bumbu, tambahkan air kaldu perebusnya secukupnya
• tambahkan garam dan gula
• ungkep sampai daging empuk dan kuah bumbu asat
• goreng sebelum dihidangkan

Itu untuk kami buka puasa kemarin, nah kalau menu sahur kami lain lagi nih..

image

Sayur Lodeh Labu

Bahan :

• 2 siung bawang merah
• 1 siung bawang putih
• 1 sendok teh ketumbar
• labu kuning
• kecambah
• santan (kurleb 5-7 sdm santan kara untuk sepanci kecil)

Cara membuat :

• haluskan semua bumbu, lalu tumis
• dipanci, rebus air dan santan, aduk jangan sampai pecah santan karena rasanya bakal nggak enak
• setelah mendidih, masukkan bumbu halus dan labu kuning, tambahkan garam dan gula
• setelah labunya empuk masukkan kecambah. Masak selama kurang kebih 5 menit, hidangkan segera.

Untuk lauknya tadi pakai bola daging resep yang ini cukup digoreng pakai minyak yang dikasih sedikit butter biar harum. Lauk lainnya pakai empal leftover semalam doong..

Semoga bisa bantu-bantu jadi ide buka dan sahur yaaa

6 thoughts on “#MaSuBa day 3 recipe

  1. ndutyke says:

    MaSuBa itu Makan Sahur dan Berbuka yak?
    Hmmm boleh nih ide resepnya. Ntar aku sampein deh….. ke….. cateringku….

  2. danirachmat says:

    Waaah bagus sekaliii. Pengen masak jugah jadinya. Tapi-tapi-tapi cateringku mau dikemanain?😀

  3. sari says:

    wow..menu sahur dan bukanya berbeda? saya mah sahur tinggal ngangetin lauk buka aja..kalopun ada tambahan yg anget ya paling goreng telur ato tempe ato bikin mie goreng or tumis sayur.. *emak2 malas mode : on

  4. wah untuk nambah menu nieh..thanks bundhir…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s