So it’s you rubella…

image

Awalnya adalah Imii demam. Sebelumnya ada kejadian yang mengiris hati, nggak usahlah ya diceritain karena yang ini mau aku hapus dalam hidupku hehe..
yang jelas adalah dia demam hari sabtu itu an setelah pijit sama si mbah demamnya hilang! Alhamdulillah bisa tidur nyenyak lagi anaknya.. tapi kok sabtu malam mulai demam lagi dan minggu hilang lagi!

Tiba-tiba keliatan mukanya bengep.. keliatan ada rash didekat mata dan pipi tapi yang paling parah adalah dibelakang telinganya. Anaknya gak garuk-garuk kegatelan tapi rewelnya ampun! Dan dia nggak mau makan sama sekali dan cuma mau nenen aja.. jadilah aku nggak puasa dan minum EMAB milkmaid tea, alhamdulillah asi lancar jaya sampai dipompa.. selain itu juga Imii keliatan mual, masuk sedikit makanan tapi dia susah payah menelan.. bukan mual kaya gastroenteritis loh ya, tapi mual yang beda. Aku curiga Imii kena campak atau rubella (campak jerman) karena omnya anak-anak ini kapan hari kena rubella dan dia katanya mual banget..

Walau udah ada kecurigaan dan tahu penanganannya tetep dong merasa perlu ke dokter untuk menegakkan diagnosa, jadilah senin malam kita ke dokter Rizal. Hasilnya? Yup betul Imii kena rubella, my mistake karena Imii menunda MMR

image

Aku coba bagi sedikit catatanku tentang rubella ini ya.. please CMIIW

• rubella ini termasuk penyakit yang ditimbulkan oleh virus. Obatnya? Cukup paracetamol bila demam dan terasa kurang nyaman.
• bukan termasuk penyakit berat kecuali. Bila kena ibu hamil, bisa berbahaya.
• timbul ruam. Bentuknya dimuka Imii kayak pulau tapi kecil, terasa hangat dipegang. Dibadan kayak pulau yang terbentuk dari bulatan kecil-kecil. Bukan bintil kayak cacar air ya.
• demam nggak terpola
• mual
• ada semacam kelenjar dibagian yang aku tunjuk di foto diatas. Klo orang jawa bilang ngelanjer.
• tetap mandikan anak seperti biasa.
• masa inkubasinya kurleb satu minggu sejak ada rash.
• vaksin MMR mencegah rubella. Kalau udah kena masih perlu vaksin? Ya iyalah! Kan masih butuh proteksi mumps sama measles to

Alhandulillah ini hari ke 3 sejak rashnya keluar dan Imii perutnya udah agak enakan. Bisa makan nasi lembek kira-kira 6 sendok bayinya.. alhamdulillah berhasil RUM juga menghadapinya, juga tetap tenang.. mohon doanya ya supaya Imii cepat sembuh.

24 thoughts on “So it’s you rubella…

  1. chrysantie says:

    Aaah patah hati liat Imii sakit, disegerakan MMR nya yaa Bun setelah Imii sehat nanti. Alika juga akhirnya seminggu lalu lsg simultan MMR dan Thypoid, bln depannya Hep A. Akhir bulan lalu Alika kena Campak jd pelajaran buatku utk nggak nunda2 imunisasi anak lg.
    Insya Allah segera pulih yaa ‘le! *kirim seribu sumbu sabar dan sehat buat Bunda nya*

    • dhira rahman says:

      :* makasi yo mbak..
      Lah iyaaa aku komen di blogmu loh soal iki.. ealaaah Imii kena pisan!!! Kapoook aku wes

  2. danirachmat says:

    Semoga Imii cepet sembuh dan pulih ya BunDhir…

  3. sondangrp says:

    get well soon ya, Imii. Dan bundanya juga jaga kesehatan ya, cantik. Gama juga imunisasinya banyak ketunda gegara on off pilek yg ternyata alergi. Semoga semua krucils sehat ya, Dhir, musimnya lagi gini pula.

  4. Pastinya legaa banget kalo anak sehat ya mbak

  5. bemzkyyeye says:

    Cpt sembuh yah Imii.. Mggu lalu jg Millie skt ky Imii,skrg udh hampir sembuh, tp kelenjarnya blm kempes bgt. Smoga anak2 ini sehat dan ceria lg deh🙂

    • dhira rahman says:

      Walaaah… cepat sehat kembali ya millie!
      Ye emang kalo kata temenku yg dokter anak, lagi musim nih rubella

  6. ira nuraini says:

    Biasanya silent reader, akhirnya komen jg…
    bkn penyakit berat, tp kl kena ibu hamil berbahaya…jd inget dl wkt hamil anak pertama, usia kandungan msh 2bln aq + rubella dan tanpa gejala..gr2 d srh dsog utk tes darah jd ketahuan, sempet down jg waktu tau aq kena virus ini…tp alhamdulillah anakku lahir sehat….
    imii mg cpt sembuh y, slm kenal bund…🙂

    • dhira rahman says:

      Salam kenal jugaaa…
      Alhamdulillah ya mbak.. ada aku pernah baca d sebuah forum, mamanya kena rubella pas hamil dan anaknya ada gangguan pendengaran

  7. Nina says:

    Cepat sembuuuuuh imi

  8. Baginda Ratu says:

    Aduuhhh… syafakillah ya, Imii…
    Ibunya jg jaga kesehatan, mumpung msh menyusui, kesempatan tuh, masukkin gizi2 yg paling cihuy, buat Imii juga, kan?🙂

  9. rocktobermom says:

    Cepet sembuh ya Imii…. Sehat terus ya… Kan mau mudik;)

  10. dinkymomi says:

    Cepet sembuh ya Imii sayang

  11. liamarta says:

    cepet sembuh ya adek Imii..🙂
    btw salam kenal ya bundanya Imii🙂

  12. Cepet sembuh ya Imiii…semoga si rubella segera pergi yaaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s