Z Generation

Kabar anaknya Ah*ad Dh*ni yang nyetir mobil diusia 13 tahun dan nabrak 6 orang hingga meninggal dunia sedang jadi headline dimana-mana selain daripada konspirasi kemakmurannya mas Vicky. Ya gak heran juga sih kalau banyak yang kaget, masalahnya heeey 13 tahun loh! dan dikabarkan dia nyetir sehabis mengantarkan PACARnya pulang jam 1 malam. OK, ada sesuatu yang aneh disini. Aneh, buat seusia kita memang aneh, tapi apa iya buat anak seumur mereka saat ini dianggap aneh? Baca tulisannya Lita yang baru di MommiesDaily  ini coba..

Nggak aneh kok bisa menyetir diusia segitu. Dulu aku umur 13 sudah bisa naik motor loh sama Tasya sahabatku biasanya kita keliling komplek buat ngeceng cari jajanan, CUMAN kami dulu cupu, beraninya ya dikomplek! Kalo masuk jalan raya siap-siap ditabokin sama ortu, dan sama juga kaya Hani bu bos MommiesDaily, maghrib sudah harus pulang!

Memang lain yah anak jaman sekarang sama jalan dulu.. Kalau kata bu Elly Risman, anak jaman sekarang adalah Generasi Z dan bahkan Generasi Alpha, hasil dari Generasi X dan Generasi Y. apa sih itu?, Generasi X adalah anak-anak yang lahir pada tahun  1965-1980 sementara Generasi Y adalah anak-anak yang lahir 1981-1994. Mereka menghasilkan Generasi  Z yang lahir tahun  1995-2010 *Zua anakku ada di generasi ini*, lalu Generasi Alpha, yang lahir tahun 2011-2025 *Imii masuk generasi ini*. Anak-anak generasi Z dan Alpha lahir dan dibesarkan di era digital, dengan aneka teknologi yang komplet dan canggih, seperti:  HandPhone, iPad, BBM,  dan terutama internet. Sejak kecil, mereka sudah mengenal dan akrab dengan berbagai kemajuan teknologi, yang secara langsung atau pun tidak langsung akan berpengaruh terhadap perkembangan perilaku dan kepribadiannya.

Anak-anak generasi Z dan Alpha ini fasih terhadap tekhnologi, mereka bisa dan mengerti tentang teknologi sehingga bisa menggunakannya dengan (harusnya) tepat guna untuk sesuatu yang positif. Selain itu mereka juga sangat aktif secara sosial, name it.. facebook, twitter, instagram, tumbl, path, dan segala yang lain lagi, “ah kudet banget sih gak punya twitter” hayoo.. pernah gaak tau jargon begini?.. Hal tersebut diatas membuat anak generasi Z dan Alpha menjadi “buta”, kenapa aku bilang buta?, lah hidupnya diujung jari cyiin😀 mau denger lagu masuk ke playlist, mau telponan liat muka klik skype, mau ngapa-ngapain aja nih, ada dijangkauan tangan!!!

Aku dan temen-temen di WA group ibu (menuju) solehah yang tercengang sama hal-hal yang kami temukan di IG anak jaman sekarang kayaknya gak sendirian, soalnya ada juga temen-teman di path yang bingung kok abege-abege itu roknya pendek amat, atau kenapa mereka pacaran, atau (lebih lanjut) pacaran dan pulang lewat jamnya Cinderella. Monkey see monkey do. Apa yang dilakukan anak-anak itu berkaca dari orang tuanya. Aku pernah baca entah dimana ya, cuma ini bagus banget.. “be the person you want your kid to be”. Seperti apa kita ingin anak kita kelak? Maka lakukanlah itu. Mamaku cerita, dulu mamaku pengen punya anak yang : sholat dan suka berbagi, dan sepanjang usiaku ini aku selalu melihat mama (dan papaku) seperti itu. ternyata ada loh ayatnya didalam Al Qur’an  :

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Ya Tuhanku, jadikanlah aku & anak cucuku orang-orang yg tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

Wahai Tuhanku! Jadikanlah daku orang yang mendirikan sembahyang dan demikianlah juga zuriat keturunanku. Wahai Tuhan kami, perkenankanlah doa permohonanku. (QS Ibrahim : 40)

Jadilah sekarang doa itu juga yang aku baca, karena (salah satu) harapanku adalah melihat anak dan keturunanku menjalankan sholat🙂 Alhamdulillah sekarang Zua sudah sholat 5 waktu, Imii sudah sok-sokan ikut sholat, semoga keduanya Istiqomah dan rajin sholat karena sesungguhnya sholat menghindarkan dari perbuatan keji dan munkar.

Buat teman-teman yang beragama selain Islam juga pasti punya harapan yang sama ya.. Salah seorang sahabat terdekatku penganut Kristen, aku juga suka doa yang dibacakan untuk anak-anaknya tiap mau makan dan mau tidur. Ia juga berharap supaya anak-anaknya jadi anak yang takut akan Tuhan, karena agama adalah kontrol diri.

Kalau ditanya bagaimana pencegahan supaya anak-anak tetap lurus jalannya, well aku sebagai amateur tentu cuma bisa bilang perkuat moral supaya anak-anak tau value dan bagaimana menjalani hidup. Semoga anak-anak kita selalu berada dijalan yang lurus ya..

12 thoughts on “Z Generation

  1. Arman says:

    beban jadi ortu tambah berat ya… tapi ya mau gak mau ya.. teknologi itu kan emang pedang bermata 2. bisa sangat membantu, tapi bisa juga sangat merusak… mesti hati2 emang…

  2. Yeye says:

    Setuju Dhir, Millie pun skrg udah ikut2an solat, krn dia selalu liat mama papa nya solat jd dia tertarik, lucu juga liat gerakan dia sm sok komat kamit tanda baca doa🙂

    Jd ortu emg berat bgt yah, mesti tegas didik anak dan tetap lemah lembut ngmgnya hehehe

  3. sari says:

    Semoga Allah mudahkan kita menunaikan amanah mendidik anak dengan sebaik2nya ya mbak..

  4. chrysantie says:

    Setuju banget sm post ini. Ibaratnya percuma berharap yang baik2 doang kalo nggak berkelakuan baik ya.
    Btw, kudet apa yah Kak?

  5. Baginda Ratu says:

    Haduh, shock banget tahu, mbak.. pas tahu berita si Dul ini…😦
    Daaaaannnn… langsung miris.😦
    Nambah berat ya, PR kita dlm membesarkan the krucils itu. Semogaaaa diberi kekuatan ya, kita semua….

  6. itsmedianah says:

    Doa saya yg jd benchmark adalah “Semoga anak anak saya bisa selamat dunia akhirat, selalu bahagia dan bersyukur”. Kalo lagi senggang kadang ditambahin jadi anak yg berguna bagi keluarga dan bangsanya. Untuk perbuatan saya masi jauh dari sakinah. Jadi baik itu sulit ya…hehehe.
    Tentang teknologi duh saya takuuut bener salah didik, maklum yg anaknya generasi Z kan masi blum terlihat hasilnya (eh udah ya si Dul itu) pake metode ini apa itu akhirnya ngandelin perasaan aja yg mana dirasa benar.

  7. emaknyashira says:

    Tantangan jadi orang tua makin berat ya dhir, semoga kita semua termsuk yang kuat menghadapi tantangan zaman seberat apapun ya..

  8. theadrieans says:

    aamiin, makasih share bacaan ayat yang jadi doanya Mba’:)
    Bismillah, mudah2an kita semua bisa jadi orangtua yang bisa menjaga amanahNya dengan sebaik2nya yaa:)

  9. Evy says:

    Kadang suka jiper ngeliat perkembangan anak sekarang. Makin kerasa berat jadi orangtua dijaman ini deh rasanya. Berharap anak gak kudet tapi pengennya mereka lurus2 aja, ga ngikut segala yang negatif.
    ‘Be the person you want your kid to be’ alias jadi teladanlah buat anak. Bener banget! Mudah2an Allah mudahkan dan menguatkan kita untuk mendidik anak2 kita ya Dhir🙂

  10. nyonyasepatu says:

    jadi ortu itu kerjaan super berat ya Dhir😦 entah aku bisa atau gak kalo kami nanti punya anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s