Try To Be Healthier

Belakangan banyak banget bersliweran orang sakit ina ini itu.. dan sakitnya itu semacem stroke, heart attack dan the biggest nightmare… cancer.
Berangkat dari keparnoan itu, aku berusaha untuk hidup lebih sehat. Udah setahunan aku lari-lari dihatimu pagi kadang sore dan kalo capek biasanya aku naik sepeda.. belakangan seringan naik sepedanya sih soalnya lagi ada pengerjaan gorong-gorong jadi suka risih ama tukang-tukang yang suka gangguin pas lari.
Susah memang untuk olahraga secara kontinyu, soalnya nggak banyak waktu yang bisa dicuri karena anak-anak gak ada yang jagain.. apalagi biasa sesudah beberapa hari gak olahraga mau mulai lagi jadi males!! Jadilah tiap hari mesti mendoktrin diri untuk tetap semangat karena i want to live longer and healthier for my kids🙂

image

Udah 2 bulan ini aku masukkan extra grains kedalam smoothiesku. Oh iya, aku juga mengganti jus jadi smoothies. Udah 3 tahun aku minum jus sayur dan buah walau on off dan efeknya sih so far berasa sehat aja..
Terus udah sebulan aku nggak minum dan makan dairy product, aku klo pengen minum susu pakai soymilk dan raw almond milk. Sebetulnya aku kurang cocok pakai soymilk karena estrogennya tinggi, jadi aku pakai raw almond milk aja, sayangnya mahal😦 makasih ya rifi udah ngajarin jangan banyak-banyak pake soymilk *kissous emboke marra* kadang pengeeeen minum kopi ala ala pake krimer.. jadi nggak pernah bikin kopi sachet lagi.. melainkan mencampur 5 mendok makan kopi item papa pakai raw almond milk itu.

Kakak sepupuku kena breast cancer. Dia tinggal di Belanda, insya Allah tanggal 19 ini mau diangkat payudaranya. Tapi dia yang sangat cantik dan pemberani itu mau diangkat keduanya aja supaya habis induk kankernya.. it breaks our heart into pieces.. kami berdoa sepenuh hati kami supaya dia diberi kesembuhan.. alhamdulillah suaminya sangat supportive juga. Kakak sepupuku ditanya dokternya disana apakah pernah pakai kb hormon, ternyata kakak sepupuku pernah pakai pil kb..
Keluarga kami memang ada garisnya.. karena oma kena kanker, kakak pertama mamaku (sepupuku ini anaknya kakak mamaku yg ke 2) kena kanker, dan sekarang kakak iparku. Karena itu pil kb sangat nggak disarankan, alhamdulillah aku gak pernah pakai pil kb. Kakak sepupuku disarankan diet dairy product dan banyak sayur buah.. terutama tomat.. semoga aja setelah rangkaian operasi dan kemo kakak sepupuku bisa kembali sehat dan lebih bahagia, amiin..

Faktor diatas bikin aku makin semangat untuk lebih sehat dan lebih sadar kesehatan. Alhamdulillah udah lama banget nggak makan produk olahan macam sosis dan nugget (kecuali nugget rumahan)

image

Sudah beberapa hari ini juga aku mengganti nasi putih dengan nasi hitam, merah atau coklat niru Kak Sondang bismillah semoga menjadi manfaat buat kami.. Harusnya sih nggak usah makan nasi katanya ya, masalahnya aku selalu kembung dan produksi ASI turun banget klo udah kembung, jadi diganti aja deh nasi putihnya.. sayangnya Ulil nggak mau minum smoothies, ya biar aja deh kan punya tanggung jawab sendiri-sendiri.. kalo dia gak mau ya bagiannya aku minum juga deh hahahaha. Terus konsumsi grains dan raw veggies-nya dinaikkan, konsumsi dairy products-nya diminimalkan.. ya namanya juga ikhtiar, ya kaaan..

Echie, sahabat slash sis-ku di Supermoms juga udah lebih dulu menerapkan clean eating.. dari dia aku kenal sama orang-orang hebat lain di IG, ada yang cancer survivor, ada yang punya penyakit, ada yang simply wants to stay healthier a little bit longer😉 dari mereka aku belajar lebih menghargai hidup, lebih menghargai arti sehat dan lebih dekat dengan nature.. selain itu aku juga belajar aneka resep yang keren dan oh so easy karena umumnya raw, sayang bahannya masih susah didapat dan mahal..

Ah gak sabar siang ini mau makan pakai nasi hitam, sayur putren, wortel dan brokoli, yeay!!

22 thoughts on “Try To Be Healthier

  1. Smangat Bunda Dhira… Aku juga mulai kecanduan body pump n body combat, minum green smoothies dan mengurangi makan nasi niih.. Udah 3 bulanan ini aku makan nasi paling seminggu sekali atau 2 kali aja..
    Semoga soudara sepupu mb Dhira cepet sehat yaa.. Baru tau kalau pil KB bahaya juga😦

    • dhira rahman says:

      Amiin Allahimma amin!
      Dimanakah latihannya? Seru yaa.. jadi pengen nyobain juga

      • Ditha says:

        Seru mbak… karena aku nggak suka yang terlalu lari-lari atau loncat-loncat🙂 Kalo aku ikutan di recreation centre-nya kampus mbak.. Udah browsing-browsing kayaknya di Malang blom ada deh😦 Mungkin kalo di Jakarta banyak ya di gym-gym gituu…

  2. ruthwijaya says:

    Semangat mbak Dhira… aku juga lagi belajar semoga rajin olahraga… ben kurus😀 cethek banget deh cita2nya … hahaha
    Semoga kakak sepupumu cepat pulih dan sehat lagi ya.

  3. yeye says:

    Ah Bundhir, km semangat sekali, jd ngiler jg liat2 foto2 makanan sehatmu di IG dan Path. Jd terpacu jg buat hidup sehat😀

  4. cikahendra says:

    Waah mbak dhiraa,smoga bisa meniru secepatnya,,

  5. nyonyasepatu says:

    Dhir, baru kemaren aku ngobrolin pake pil kb sama temen secara kalo mens sakitnya minta ampun tapi aku maju mundur gitu hehe, abis takut ada efeknya walo dokter bilang gpp. untung baca ini, udahlah gpp tiap bulan kesakitan hehe

    • dhira rahman says:

      Klo mens sakit coba periksa k doker kandungan deh non.. nanti kan bisa tau penyebabnya.. aku alhamdulillah gak pernah make, yaa semoga kita semua sehat2 aja ya

  6. Asop says:

    alhamdulillah, keren banget mbak dan keluarga, karena udah sadar betapa kesehatan itu amat penting, dan harus diperjuangkan. Kesehatan gak datang begitu saja. Usaha yg keras dulu baru kesehatan datang ke kita. Biar dapet sehat gak mungkin dg cara instan.

    Kata orang bilang, sehat itu emang mahal harganya dan butuh pengorbanan. Mahal karena saat ini harga makanan sehat masih dihargai tinggi (bahan bakunya juga). Bagi yg berpendapatan menengah ke atas mungkin tak masalah. Tapi bagi yg masih berpendapatan rendah tak punya banyak pilihan. Kemudian butuh pengorbanan juga, karena harus mau meninggalkan segala makanan enak yg selama ini kita santap. Lihat saja es krim, cake, sosis, nugget, minuman bersoda, KFC, dan semacamnya. Itu semua enak. Tapi ga sehat.😀

    Jangan lupa juga, hidup sehat harus disiplin. Olahraga terutama yg berat. Untuk memulainya susah. Tapi selanjutnya mudah, malah keterusan.😆

    • dhira rahman says:

      Betul banget!
      Papaku sendiri umur 57th dan masih main sepeda downhill.. aku pengen juga sebugar beliau ketika kelak diusia segitu. Yang susah buat aku untuk olahraga karena aku ada anak kecil dirumah dan gak ada pengasuh..
      Aku rasa mahal atau nggak relatif karena belanjaku juga nggak mahal amat kok, kan aku makannya nasi merah/item, sayur, tahu-tempe atau ikan aja hehe

  7. zpmary says:

    Semoga kakak sepupunya cepet sehat ya Dhira. Untuk olahraga ini bingung kapan waktunya secara hari minggu pun musti berangkat pagi2 buat aktivitas. Cuman kalo produk pabrikan semacam nugget, sosis dll, trus goreng2an emang gak doyan dari sononya, kalo kaefce, masih doyan tapi ya gak kecanduan juga. Semoga kita sehat-sehat smua ya Dhira, demi anak-anak.

    • dhira rahman says:

      Amiin maria… apalagi kamu lagi hamil yaa.. jaga kesehatan yang bener.. bagus klo gak suka, soalnya aku dulu suka juga makan nugget sama sosis, nah makanya sekarang bener2 distop deh

  8. sondangrp says:

    Dhiraaaa hahaha aku di rumah buat keluarga masak nasi merah..tapi…tapi aku makan roti putih hiks soalnya aku gak suka nasi merah sih. Lanjutkaaaan smoothiesmu keren keren wanrnanya aja menggoda, bkin semangat ikutan, aku kmrn beli si dragon fruit yg merah akhirnya ih demi nyobain smoothies warna shocking pink. Aku kepikiran beli chia dan flex seeds itu errrr mihil ya Dhir. Abisnya berapa lama sih sebungkus ituuuu *mulai medit*
    DHir aku pake pil kb, hiks ini bikin aku mikirlagi ke steril deh. Eh steril ngaruh gak ya ke hormon.

    • dhira rahman says:

      Lumayan lama kok kak abisnya.. sebulan lebih lah kalau sendirian dan ngejus 2x sehari..
      Aku belom ganti beras merah lagi karena yang item belom abis.. aku untungnya jg gak suka roti putih hahahaha

  9. sureucando says:

    flexseed mahal ya….

  10. ini_dhita says:

    gue on and off banget nih niat hidup sehatnya..abis bahan2nya mahal2 banget bundhir. smua grains harganya mahal aja. terus kalo sayur buat smotthies katanya harus organik karena kan dimakan mentah. aku tekor mulu jadinya *_* kadang jadinya sayur biasa aku blanch dulu aja deh haha

    emang bener ya sehat itu mahalll bangett

    • dhira rahman says:

      Aku sayurnya nggak beli organik sih dhit.. direndem pakai cuka itu aja sebentar hehe.. grains-nya lumayan mahal tp lumayan lama makenya, yg susah itu nahan diri dari godaan..

  11. joeyz14 says:

    hi mba dhira….ketemu di IG dan dimari juga🙂
    *salaman*

    keren2 deh foto smoothiesnya
    aku ga begitu suka smoothies tapinya, maunya ngejus aja. Februari lalu aku start rajin bener, tapi sekarang on/off gitu deh.
    chia seed and gloden flaxseedku aja blom abis2 dari bulan April lalu…hehehe
    anyway praktek pola makan sehat begini gak murce yeee…alias mahal tentunya😦

    • dhira rahman says:

      Haloo…
      Aku yang masih on off ini olahraganya, susah meninggalkan anak kecil tanpa ada yang jaga dan untuk olahraga sendiri dirumah kok ya kurang semangat hahahahha

Leave a Reply

