Homemade Snack

Belakangan ini Zua makannya menggila.. habis makan nasi sepiring dia masih sanggup makan 2 potong martaabak dan sepotong terang bulan (ini maksudnya martabak manis.. orang Surabaya bilangnya terang bulan hehe) kadang abis makan minta ngemil tapi gak manusiawi soalnya ngemilnya havermuth susu atau cereal semangkok..
Sebetulnya seneng liat Zua doyan makan soalnya dia emang gak milih-milih tapi kalau dia gak suka sesuatu ya udah makan sebiji terus udah dan dia juga jarang kepingin-kepinginan anaknya, makanya sekalinya kepingin pasti diturutin deh..

Disini udah mulai hujan jadi cuacanya dingin dan Zua makin doyan ngemilnya, jadi deh kepengen bikin apaan gitu yang bisa disimpen kan lumayan gak usah bikin tiap kali mau ngemil.. akhirnya biki  deh 2 cemilan ini.. udah enak, gampang, bisa buat lauk juga hehe..

Bitterbalen nasi

image

Bahan :

Nasi putih 1 piring
1 siung bw bombay, cincang
2 siung bw putih, cincang
2 sdm tepung terigu
150 ml air
Sayur pilihan (kemarin pakai brokoli, wortel) yg sudah direbus
100 gr ayam cincang
Garam-gula-merica
Keju (bisa diparut bisa dipotong dadu)
1 butir telur (bisa juga lebih)
Tepung roti

Cara membuat :

• tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum dan keemasan
•masukkan ayam cincang
• masukkan tepung terigu sampai berbulir
• masukkan air, aduk sampai rata
• masukkan sayur pilihan
• masukkan nasi
• bubuhi garam-gula-merica secukupnya
bila pakai keju parut masukkan keju
• letakkan dipiring, lebarkan hingga tidak terlalu panas
• bentuk bulatan dengan tangan atau sendok bila pakai keju potong dadu, isi didalam bulatan nasi
• gulingkan ke telur yang sudah dikocok
• gulingkan ke tepung roti
• ulangi sekali lagi gulingkan ke telur lalu ke tepung roti
• bitterbalen siap d freeze atau digoreng langsung

nugget ayam sayuran

image

Bahan :

500gr daging ayam kampung cincang
3 siung bw merah
2 siung bw putih
2 sdm tepung sagu tani
2 sdm havermuth (quacker biru)
Sayur pilihan (wortel dan jagung)
Garam-gula-merica
1 sdt italian herbs
Keju
1 butir telur (bisa juga lebih)
Tepung roti

Cara membuat :

• Haluskan bawang merah dan bawang putih
• Campurkan bumbu halus kedalam daging ayam cincang, berturut-turut masukkan juga garam-gula-merica, lalu masukkan havermuth dan lanjutkan dengan tepung sagu tani lalu italian herbs
• aduk sampai rata
• letakkan di loyang yang sudah dioleai minyak goreng, lalu kukus selama 20 menit (cek dengan tes tusuk, klo ditusuk pakai tusuk gigi udah bersih tusuk giginya berarti udah matang)
• Keluarkan dari loyang, potong-potong lalu gulingkan ke telur kocok lalu ke tepung roti, ulangi 2x seperti pada pembuatan bitterbalen.
• tahan difteezer hingga seminggu

Nah adonan nugget itu KALAU pas mau dikukus masih sisa, bisa dibikin bakso, caranya dibulet2in aja lalu masukkan ke air hangat, baru direbus dengan api kecil.. itu cara supaya nggak pecah adonan baksonya..
Kalau mau bikin adonan bakso yang kenyal dan nugget yang gak blenyek, dinginkan dulu daging ayam gilingnya.. kemarin dagingnya aku taro di freezer kira-kira 30 menit, agak sakit ditangan waktu ngulenin tapi percayalah, hasilnya sepadan!

Selamat bikin snack!

4 thoughts on “Homemade Snack

  1. ira nuraini says:

    Wah bisa dicoba ini…dingin2 bwannya pengen nyemil2 trs….makasi contekan resepnya bun…🙂

  2. Erit07 says:

    Haha,bisa gemuk lama2….

  3. sondangrp says:

    Buat minggu ini! Btw italian herbs macam oregano gitu Dhir (cuma ada itu doang di rumah)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s