#6 dari Arman : kota2 yg punya kenangan tersendiri… baik yg pernah ditinggali atau dikunjungi

Hmmmmm…

I’m not a traveller. Jadi kalau ditanya manakah yang menimbulkan kenangan yang membekas, kayaknya aku hampir bisa bilang gak ada deh… soalnya kenanganku bukan ada ketika aku jalan-jalan, tapi dalam masa-masa yang lain..

image

1 kota yang membekas banget dimasa kecilku adalah bondowoso. Mungkin ketika aku nulis ini nggak ada yang tahu dimanakah Bondowoso itu. Letaknya berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Kabupaten Jember di selatan, serta Kabupaten Probolinggo di barat. Ibukota kabupaten Bondowoso berada di persimpangan jalur dari Besuki dan Situbondo menuju Jember.

Intinya : kota ini kecil, banget.

Aku inget sekali, aku pertama kali naik bis ya ke Bondowoso ini, aku ikut yangkung-ku. Yangkung dan yangti tinggal di Bondowoso ini setelah pensiun, mereka punya kios bensin, toko kecil dan warung.
Perjalanan ke Bondowoso naik bis ini selalu menyenangkan, dingin!! Kami naik patas AC dan turun di Situbondo lalu ganti naik bis kecil atau colt.. biasa kami sampai di terminal Situbondo malam hari..

Didepan rumah yangkung dan yangti ada sungai kecil, biasa anak tetangga-tenangga main didepan sungai itu, klo aku sih nggak dibolehin ama yangkung tapi kalo yangkung kepasar atau pas kulakan bensin biasanya aku teteeep main disungai dong!😀
Biasanya juga kami main disawah, masak-masakan disawah kemudian masakannya dimakan disawah juga, wew so much fun!!

Disana jaman dulu nggak ada siaran tv karena terhalang gunung dan kalau gak pake parabola gak bisa dapat siaran tv, tapi aku juga pas di Bondowoso gak sempat nonton, i was busy running aroun haha… kalau sore kami akan naik becak dan beli bakso.

Di Bondowoso juga ketajaman 6th sense-ku terasah. Dimana-mana gelap dan entah kenapa kota kecil ini kayaknya punya kekuatan magis yang cukup bikin gimanaa gitu, susah dijelaskan! Beberapa kali aku ketemu “orang” yang ternyata bukan orang, melihat yang aku kira bintang jatuh ternyata katanya adalah santet yang gak jadi karena udah terpergok orang, dan…. yes, ghost.
Di alun-alun Bondowoso ada terpajang sebuah gerbong maut. Baca disini untuk tau behind the story-nya ya.. intinya di gerbong ini banyak orang yang meninggal secara tragis dan setelah meninggal diletakkan begitu saja dan diangkut sampai daging-dagingnya melepuh karena kepanasan kejemur dalam gerbong-gerbong ini!

Kalau naik becak sore menjelang maghrib lewat sini.. kita bisa mencium anyirnya bau aneh deh.. beberapa kali aku bilang ke yangkung ada bau aneh, beberapa kali aku berasa denger ada orang nangis.. tapi yang paling epic adalah waktu aku merasa ada yang memandangi lekat-lekat.. waktu aku noleh ke yangkung, beliau noleh juga ke aku.. no words left to speak.. tau sama tau

Ah… childhood..

— armaaan, udah yaaa.. nih biar beda gak cerita travelling tapi cerita lain😀 —

18 thoughts on “#6 dari Arman : kota2 yg punya kenangan tersendiri… baik yg pernah ditinggali atau dikunjungi

  1. yanie says:

    Iya mbk dhira konon katanya dukun plg manjur ya dr bondowoso..dukun -dukunya seterkenal tape nya..hehe

  2. itsmedianah says:

    merinding mba baca yg tautan soal gerbong maut. Hiii…trus yg bintang jatuh itu jg ada namanya apa ya…aku lupa. Pulung gantung?..sek tak gugel sek…

  3. lovelyristin says:

    Mbak.. Aku jg masa kecilku di bondowoso, mamaku lahir di malang, gede di bondowoso, tiap lebaaran aku ke bondowoso, soalnya nenekku tinggal di bondowoso, aku pernah tinggal di bondowoso, di belakang terminal… Aku tau crt gerbong maut itu.. Bondowoso bukan kota asing lg buat aku mbak.. Sodara2ku hampir semua tinggal di bondowoso.. Ih mbak.. Qta ternyata satu kampung lho.. Hahaha..

    • dhira rahman says:

      Waaah gak nyangkaaa.. hahaha
      Yg asli Bondowoso itu almh yangtiku (ibu tiri papaku) klo yangkungku tulungagung sementara almh yangtiku (ibu kandung papaku) campuran chinese madura..
      Dulu yangkungku tinggal di pasar wonosari teruuus aja.. samping koramil

  4. zpmary says:

    ih serem amat cerita gerbongnya, btw sampai skrg ya kamu punya 6th sense dhir? Hiii apa gk mengganggu tuh punya kemampuan kek gitu, kan setan2 gak ada yang keren mukanya😛

  5. dian_ryan says:

    Serem bgt mba dhira ceritanya tentang gerbongnya, gimana rasanya mba punya 6th sense? *nanya gini antara kepo sama takut*

  6. rocktobermom says:

    Syereeeeem….. Aaaah kangen sama kota2 kecil di jawa. Duluuuu papamamaku kan LDM jd tiap papa off kita selalu jalan menuju jawa tangan dan Jogjakarta mampir dan tidur di kota2 kecil (blom nyampe ke timur) setelah nikah ma org Sumatra blaaaaaas no more jawa #merindujawa *inikomenapacurcol* ayo bun undang aku keliling jatim😉

  7. Arman says:

    Wah ternyata lu punya 6th sense ya. … serem bgt.. hehe

  8. ira nuraini says:

    Ternyata tetangga an kita ya…aq asli probolinggo tapi kota nya bukan kabupaten..emang 6th sense itu kl ga diasah bisa ilang y, kok pernah denger gt…bnr ga sih? *ini nanya2 antara penasaran sm takut*😀

  9. danirachmat says:

    Mulai dari haru-hari biru ikut bernostalgia lhakok ditutup dengan tahu sama tahu. serem banget ih sih BunDhir. Huehehehehe.

  10. Baginda Ratu says:

    Haiiishhh… ujung2nya syereemmmm…
    Mbak Dhira dapet kemampuan dari yangkung, ya? Nurun jugakah ke anak2..? *oot*🙂

  11. leonyhalim says:

    Ajegile Dhir.. serem beneeerrrr…. Manusia kok kelakuannya kayak bukan manusia! Binatang aja masih lebih punya hati kayaknya.

  12. deby says:

    hai, boleh minta emailnya untuk kerjasama?

Leave a Reply

