Membuat Nasi Gurih

Alhamdulillah punya anak yang makannya gampang walau gak banyak dan gak pilih-pilih (Zua) sekarang makannya udah makin banyak, mungkin peer pressure karena kalau siang kan makannya diruang makan rame-rame dengan teman-temannya..

Nah.. kalau punya anak 2 yang sama-sama makannya gampang gak asyik dong yaa, kurang drama! Alhamdulillah dikasih anak yang makannya susah dan pilih-pilih walau pas suka buuanyak makannya (Imii) menu yang dia sukai : sushi, nasi putih, unadon (nasi unagi), ebiju (nasi udang), dan bihun goreng. Ini anak sukanya makan kering-kering, kalau mau makan sayur ya diurap aja di nasinya asal jangan basah nasinya ya, atau kalau nggak sekalian aja digadoin nasi ama kuahnya😀

Kemarin waktu kami makan di Duck King, Imii makan nasi hainan untuk pertama kalinya. Tadi ya aku pesen 1 nasi aja karena aku pikir berdua Imii.. no no no ternyata gak cukup! Imii abis 1 porsi nasinya dengan tofu!
Dari situ aku udah niat akan bikin nasi hainan abal-abal buat Imii hahaha😀
image

Berikut resepnya..
Bahan :
• 2 cup beras
• 300 ml air kaldu. Buatlah air kaldunya  dengan : 4 butir ceker ayam, bumbu : 2 butir bw merah, 1 butir bw putih, haluskan, lalu tumis. Masukkan sebatang seledri
• parutan wortel
• garan-gula-merica secukupnya

Cara membuat :

• Cuci beras, masukkan dalam rice cooker
• tuang air kaldu kedalam rice cooker, aku biasa pakai air 1,5 ruas jari
• masukkan 2 ceker ayam
• masukkan wortel parut
• masukkan garam-gula-merica
–sampai tahap ini udah bisa ditutup dan dimasak ya berasnya–
• tambahkan italian herbs, atau dau  jeruk atau dau  salam untuk variasi aroma

Gampang banget kan? Iya soalnya aku kan nggak suka yang susah-susah!
O iya, Baginda Ratu bingung cari ide bekal buat anak-anak kan? Coba yang ini deh, bikinnya gampang dan bisa ditinggal tidur loh!

18 thoughts on “Membuat Nasi Gurih

  1. Yeye says:

    Noted, Bu Peri… 😀

  2. ira nuraini says:

    Makasi idenya bunDhir, bisa dicoba ini buat bekal anak2 ke sekolah..🙂

  3. Baginda Ratu says:

    Wuaahhh, Dhiraaa.. kau penyelamat! Makasiiihh idenyaaa. Kalo yg ini nampak mudah, ya. Beneran mengitimidasi utk secepatnya dieksekusi… thankiessss…🙂

  4. jampang says:

    baru sarapan nasi gurih…. nasi goreng… tapi nas goreng kuning
    *nggak nyambung banget*

  5. Aiko says:

    Besok mau makan nasi hainan :p hahaha
    Boleh juga nih resepnya di uji di dapur ku hehe

  6. leonyhalim says:

    Dhir, coba kamu pake potongan jahe, tumis dengan minyak wijen dan minyak ayam, lalu nanti masak pake kaldu ayam. Dijamin rasanya jauh dari abal-abal. Sedap banget.

    • dhira rahman says:

      Iya Le biasanya kalo bikin hainan juga begitu.. ini lumayan lah buat ganti aroma hahaha… lele ih jago beneeeer ya masak ya baking!

  7. danirachmat says:

    Waaaah. Andaikan Aaqil sudah ketemu makanan apa yang disuka
    sampe sekarang seeeeeng banget kalo sampe si Aaqilnya mau makan separoh porsi aja. Kapan-kapan coba aaah

    • dhira rahman says:

      Rodok suusah mamam ya dan?..
      Sukanya apa kuah2an apa garing2an gitu?

      • danirachmat says:

        Sak enake dhewe BunDhir. Kadang nasi tok garingan trus habis itu abon tok. Kadang nasi yang tenggelem sama kuah sayur bening ato sayur sop. Makanan selain nasi kalo di rumah gak mau.

      • dhira rahman says:

        Oalaaaah lain2 ya gak ada tipenya.. klo imii agak kurang suka kuah-kuahan jd makannya suka gak semangat *tapi yo dipangan*

  8. Aulia says:

    Ingat judul nasi gurih, jadi ingat sama nasi gurih Aceh, sudah pernah nyoba belum mba?🙂

    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s