Mie Babi

image

Tetiba ingin nulis soal ini gara-gara tadi ngobrol sama babysitternya anak tetangga depan…
Jadi katanya tadi ada ulang tahun di sekolahnya Gwen anak tetanggaku ini, dan dikasih goodie bag dan makanan, menunya : mie babi.

Mie babi…..

Perasaanku sekolah Gwen ini termasuk sekolah campuran, jadi ya sekolah umum aja, bukan sekolah Kristen kaya Petra atau Santa Agnes, atau Santa Maria. Lalu kok bisa ada yang ulang tahun dan ngasih mie babi?

Jiwa kepo detektif bergejolak.

Aku tanya lagi ama mbak sus kok tau kalo mie babi

Mbak sus : “lah ya baunya aja sama kayak kalo mamanya Gwen bawa mie babi”

Jadi mamanya Gwen ini baik, kalau masak babi dia nggak suruh mbak sus, mbak sus cuma suapin aja, dan kalau ada makanan dari babi, mbak sus gak dikasih, juga dikasih tau kalau itu dari babi. Oh ya alhamdulillah ya mbak sus gak perlu was was makan.

Back to the topic..

Terus aku nanya lagi, apa semua anak dikasih menu yang sama

Mbak sus : “iya mbak, ya dibagiin gitu..”

WTH?!

Terus gimana gurunya? Apa nggak ditanyain dulu makanan apa ini yang dikasih buat murid-muridnya mengingat sekolahnya adalah sekolah campuran, yang obviously ada muslimnya dan obviously lagi nggak boleh makan babi?

Aku jadi inget pernah datang ke ulang tahun anak tetanggaku (alhamdulillah aku sama adekku gak makan) dan disana ada menu sup merah.
Siangnya tetangga depan rumah tergopoh-gopoh kerumah, fyi tetangga depan rumahku adalah ibu-ibu cina totok yang masuk Islam, si ibu ini bilang klo dikasih sup jangan dimakan karena pakai babi.

Gimana bisaaaaaa… tamunya hampir semuanya muslim dan dia bikin sup merah pakai babi?! Ya mungkin nggak tau kali kalo umat muslim gak boleh makan babi.

Aku sendiri berusah menjauhi hal yang meragukan.. mosalnya kalau diundang keresto yang jelas ada menu babi gimana? Sebisa mungkin kami nolak, kalau gak enak nolak biasa kami nggak datang. Kalau di LN gimana? Sebisa mungkin cari menu halal, atau makan seafood, paling minim : gak makan babi dan baca bismillah minta dijauhkan dari yang diharamkan.

Alhamdulillah sih Zua sekolah di sekolah Islam jadi insya Allah aman soal makanan begini.. peer nih bilang ke guru-guru di sekolah Imii..

56 thoughts on “Mie Babi

  1. Arman says:

    wah ya harusnya dari pihak sekolahnya mesti memastikan dulu kalo semua anak2 yang dibagiin makanannya gak ada yang muslim ya kalo makanannya mengandung babi…

    • dhira rahman says:

      Iya man..
      Itu yg aku sayangkan.. atau di tahun ajaran dibagiin selebaran yang isinya do and donts untuk disekolah ya

      • Arman says:

        boleh dijadiin masukan buat gurunya tuh dhir…

      • dhira rahman says:

        Aku juga mau nulis surat man buat ke sekolahnya imii soalnya dia kan sekolahnya bukan sekolah Islam dan berdoanya juga internesyenel sekali (in english) tapi posisi tangannya christian

  2. wah reminder buat saya juga mbak dira…makasih.

    • dhira rahman says:

      Sama-sama mbak..
      Tapi kalau muridnya mayoritas muslim kayak di sekolah negri i sya Allah sih aman ya

  3. nyonyasepatu says:

    Serem juga ya Dhir

  4. Rahmat_98 says:

    Waduh… iseng juga ya mbak…
    Beruntung si kecil saya sekolahkan di SDIT, jadi gak khawatir…

  5. ladeva says:

    Ini pentingnya penjagaan dari ortu ya. Itu mienya gak ada label halalnya kah?

  6. jampang says:

    waduh….. kalau nggak dikasih tahu pada makan semuanya donk

  7. Anak2 skulnya di SDIT jadi gak kuatir sama makanan cateringnya…alhamdulillah..

  8. Yeye says:

    Waduh, emang mestinya dibilangin sih yah klo ada makanan yg mengandung babi nya.
    Tp bnr kt Jampang, klo ga dikasih tau gmn cara bedain nya, bisa2 pd makan semua..

  9. IndKur says:

    Owalah, Dhir. Aku so far belum nemuin dapet makanan mie-mie-an gitu sih.
    Soalnya mungkin karena emak-emaknya pada pemalas kayak aku gini ya.
    ” Anak ultah , masak ? Ngapain ! Pesen KFC ato Mc Donalds aja. Mending meni pedi ” Hahaha…jadilah yang dibawa pulang biasanya KFC ato Mc Donalds. Selain praktis, juga mungkin biar gak ribet mikirin goodie bag. :p

    • dhira rahman says:

      Hahahahaha…
      Indah, di surabaya banyak sekolah yg muridnya mayoritas chinese walau bukan sekolah kristen.. dan kejadian beberapa kali walau nggak semua.. umumnya mama2nya baik dan (sama kayak mama2 males kayak kita gini) hokben jadi idola haha

  10. sheetavia says:

    hiii…ngeri ya mbak dhir…
    memang gitu resiko sekolah campur…
    tapi harusnya saling toleran ya…
    gak menyediakan makanan yang udah diktahui secara luas kalo menurut muslim babi itu haram..

    • dhira rahman says:

      Dan harusnya sekolahnya juga ngasih tau ya..
      Paling enak kalo sekolah melarang ada bagi2an makanan hahahaha

  11. Aku dulu cuma SMA aja yang sekolah di sekolah negeri Dhir, selebihnya selalu di sekolah Kristen/Katolik. Tapi meski di sekolah Kristen pun gak pernah ada yang bagi2in makanan yang mengandung babi kalo pas ultah, soalnya walo di sekolah Kristen kan tapi siswanya ada juga yang beragama lain…

    Kalo di sekolah Raja sih hampir sama kayak yang dibilang IndKur di atas, hokben, mcd, sama kfc, jadi idola dah😀

    • dhira rahman says:

      Perasaanku juga waktu aku kecil kaya gitu loh lis.. tapi yg aku ngalamin sendiri itu yg ulang tahun d rumah tetanggaku itu..

  12. leonyhalim says:

    Duh dhir, ngeselin banget ya kalau ada orang tua yang ignorant terhadap hal religius. Aku juga suka sebel sama pemakai jasa yang non muslim, terus ARTnya muslim, main dikasih makan sembarangan cuma dengan alasan “biar gampang”. Pengen aku pites2. Itu kayak ngga menghargai hak asasi.

    • dhira rahman says:

      Nah le majikan non muslim yg care sama ART itu such a treasure!
      Ada temen aku non muslim pembantunya puasa jg temenku sediain makanan kecil buat takjil dan sholat tarawih jg diijinin, ARTnya jd sayang juga ama majikannya

  13. joeyz14 says:

    Wah parah ya kalo sampe beneran emang karna ignorant. Aku kan guru Tk juga dhir, aku emang kristen tapi aku lebih banyak pantangan makanan haramnya dibanding muslim. Nah kalo tiap ada ultah trus bagi2 mie gitu, aku tanya ke ortunya mie nya halal ga? Soalnya muridku kan ada yg muslim wlpn mayoritas chinese. Plus buat jaga2 diriku juga sih, biasanya gurunya suka kecipratan goodiebag soalnya. Mending kasih tau pihak sekolah deh ttg hal ini…

    • dhira rahman says:

      Iya..
      Aku udah bilang k tetanggaku itu jg.. dia katanya udh pernah blg k sekolahnya, moga2 aja abis ini gak terulang lagi ya

  14. Baginda Ratu says:

    Waduh…. kudu diklarifikasi ya soal itu, Dhir…
    Moso’ sih nggak tahu kalo yg muslim nggak boleh makan makanan yg mengandung babi..? Hmmm….?

  15. lazione budy says:

    serem ah.
    orang-orang tak berperikemanusiaan yang membuat produk dengan bohong.

  16. dian sigit says:

    waduhhh lha ya kasian yg gatau klo mengandung ibab :O klo di sekolah Islam insyaAllah sih aman ya bun

  17. wifey2009 says:

    Kok serem ya mbaak?
    Thanks for sharing

  18. zpmary says:

    Pengalaman dulu sekolah di SD Kristen aja gak pernah dapat makanan mengandung babi deh…serem amir, walo aku non muslim, aku termasuk yang gak terlalu doyan babi, kalo ada pilihan lain mending yang lain deh😛

  19. Aku gak bisa bedakan daging babi dan ayam dari baunya. Menurutku dua-duanya gak berbau. Yang beda itu karakteristik dagingnya (ini dulu diajarin sama pelayan di restaurant ramen), kalau babi putih-putih (seperti ayam) tapi berlemak.
    Mendingan ditanya langsung aja Mbak. Btw, kalau aku jadi mamaknya gak mau lah ngasih babi, mahal susah pula dapatnya *pelit*

    • dhira rahman says:

      Hahahahaha….
      Makanya aku bilang.. klo kepepet bismillah aja!
      Kalau di sekolah anak-anak aku biasa nanya langsung kok dan nanyanya jg bukan cm dagingnya aja tp juga sampe minyak2nya..

  20. dessy says:

    duh ngerinya kalau ada ortu yang ignorant gtu, entah sengaja atau ga sengaja tapi harusnya lebih peka ya, apalagi itu sekolah campur. Untungnya disini saklek banget namanya halal haram

  21. Julia Liem says:

    gw ga haram babi tapi gw jg ga suka makan babi jadi kadang klo ada menu yg kyknya ada babinya gw selalu nanya seh

Leave a Reply

