Bersyukur

Hari ini menyebalkan apa menyenangkan buat kalian?.. to me, hari ini menyenangkan..  apalagi setelah beberapa hari aku melewati hari yang menyebalkan.
Aku suka hari-hari tenang, waktu aku bisa tilawah, waktu anak-anakku sehat, waktu aku dan suamiku sehat, waktu kami bisa kumpul dan menghabiskan waktu bersama…
Tapi aku suka mengeluh kalau hari panas (aku minta hujan) hari hujan yang gloomy (aku minta matahari), kalau hari aku harus mengendalikan marahku, kalau anak-ku sakit, kalau suamiku gak bisa membaca pikiranku, dan banyak lagi yang aku keluhkan.

Aku berpikir, hidup yang “terlalu sempurna” sering membuat kita LUPA bersyukur, ya karena kita menganggap apa yang kita punya itu BIASA dan sudah seharusnya kita miliki!! Kita bisa melihat, jadi melihat bunga kita biasa aja. Kita bisa mendengar jadi mendengar suara air kita biasa aja. Kita sehat, bisa jalan, jadi berlari buat kita biasa aja.

Seringkalinorang yang berkecukupan agak susah untuk bersyukur. Nggak jarang loh aku ketemu orang yang kaya gini, susah senang kalau istilah mamaku.. Maksudnyaà standar sesuatu untuk membuat gembiranya itu tinggi banget dan kadar sesuatu yang membuat pissed offnya itu rendah banget..😦

Aku dulu juga merasa seperti itu, dan sekarang aku nggak mau lagi.. buatku harusnya setiap hari adalah a day worth remembering kaya katanya Bebe itu loh!
Aku mencoba membuat list apa aja yang menyenangkan aku dalam 1 hari.. dan ternyata setelah aku lakukan itu, buuanyaaaak hal yang perlu aku syukuri dalam 1 hari!

Maka itu biasakan membaca doa bangun tidur
Nih buat yang mualim dan kebetulan belom biasa baca doa bangun tidur, yuk dicopy terus ditempel deh di headboard tempat tidur..
image

Setelah itu baru deh lanjutkan aktifitas pagi.. mandi dan sebagainya.. nah kalau bisa sempetin tuh doa pagi atau buat yang muslim : sholat dhuha

image

Kata orang sholat dhuha itu buat manggil rejeki.. ada di banyak buku yang menuliskan itu. Aku pernah baca bahwa sholat dhuha adalah sholatnya orang yang bertaubat! Subhanallah! Karena ada dalam sebuah hadist loh!

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah bersabda : “tidak ada yang menjaga sholat Dhuha kecuali orang awwab (sering bertaubat). Rasulullah bersabda “itu adalah sholatnya orang-orang yang sering bertaubat”

Yang aku rasakan, sejak menjaga sholat dhuha ini hati menjadi tenang..
Karena kebetulan aku nggak bekerja, aku bisa rutin sholat dhuha ini dengan jumlah rakaat yang disarankan.. yuk buat yang suka galau, yang merasa rejekinya seret.. dicoba sholat dhuha..

Selain dari cara diatas, ada juga yang membuat aku jauh lebih bersyukur, yaitu membandingkan keadaan aku dengan orang yang nggak seberuntung aku. Belakangan aku selalu membandingkan dengan para penduduk Gaza. Mereka yang tanahnya terjajah, yang tidurnya tidak lelap, yang perutnya tidak kenyang, ibadah, sholat dan shaum ditegakkan.. gimana Allah mau nggak sayang? Uuh… itu bener-bener nancep!

Jadi gimana, masih mau mengeluh?

4 thoughts on “Bersyukur

  1. hallo mba mampir kemari. dan aku baru ngeh ternyata ini blog the rahmans yang kondang itu hihihi. terima kasih banyak sudah mampir ke blogku. aku dulu pernah liat2 IG nya tentang menu masakan sehari2nya.
    anyway..pengertian awal sholat Dhuha juga di aku adalah buat melancarkan rejeki tetapi kata guru ngaji dan ortu khasiat dhuha lebih dari sekedar melancarkan rejeki. tapi banyak ya salah satunya buat taubat, menjaga hati , menenangkan pikiran dll. tapi ya bukanya sholat semuanya kan buat menenangkan hati kita dan mendekatkan diri ke Yang Maha Esa. jujur Dhuha ku masih jauh dari sempurna. mentok hanya 2 rakaat aja mba dan gak tiap hari pula :p

    • dhira rahman says:

      Hahaha..
      Kondaaaang.. aku berasa dangdut banget nih.. thanks yaa udah mampir!
      Aku sekarang berusaha istiqomah menjalankan sholat sunnah karena sjolat sunnah bak sayapnya sholat wajib.. supaya terbangnya cepat!

  2. mami ken says:

    ass,salam kenal, saya mami ken, pas buka blog ini yg lg ngebahas sholat dhuha…hati plonk rasanya…

    • dhira rahman says:

      waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh..
      selamat mampir mami ken.. semoga apa yang aku tulis bisa bermanfaat yaa

Leave a Reply

