#dariFB : i’tikaf

Kenapa sih judulnya pake #dariFB gitu?..
Sebetulnya ini dari kapan hari aku udah pengen nulis dan sekarang mau aku rajinin biar kaya Arman yang punya Emmagram, dan sebagainya hahaha…
#dariFB ini dimulai dari rasa penasaran dan menurut aku status FB orang-orang ini suka ajaib! Jadi bolehlah ya aku komen tapi disini aja, based on my point of view..

Jadi tadi yang dibahas adalah soal I’tikaf buat yang belum tahu, i’tikaf inisecara bahasa artinya berdiam diri, sementara penerjemahan dan prakteknya adalah kegiatan berdiam (ibadah) yang dilakukan umat Islam di 10 malam terakhir Ramadhan.

“Adalah Rasulullah SAW jika telah masuk sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, beliau mengencangkan kainnya, menghidupkan malamnya, dan membangunkan keluarganya.” (HR. Bukhari-Muslim)

Dari situ bisa dipahami kalau udah masuk 10 hari terakhir ramadhan, Rasulullah ibadahnya makin kenceng, beda sama kita yang sibuk cari baju lebaran sama urusan dunia karena deket lebaran.

Nah kemaren aku loat statua ibu ini.. aku nggak kenal, cuman dese cust FB dagangan aku.. statusnya gini..

gimana mau bikin anak mau cinta masjid kalau dibawa i’tikaf anak lari-larian ditakut-takutin. Ada gak sih masjid ramah anak?

Penasaran.. aku klik statusnya dan aku bacalah komen-komennya.. ooh ternyata anaknya ditakut-takutin ama nenek-nenek yang lagi i’tikaf juga.. dibilang kalo lari-lari ntar disunat, anaknya jadi trauma ke masjid katanya.. Dari situ aku jadi tau bahwa di Bandung banyak masjid yang ramah anak, terus ada masjid dimana gitu kemarin aku baca yang katanya remaja masjidnya proaktif banget dan bikin kaya playground dan ada story telling-nya sementara bapak-ibunya i’tikaf.

Tapi menut aku sendiri ya, perempuan lebih baik ber i’tikaf dirumah.. loh kok gitu?! Sok disimak..

Dari ‘Abdullah bin Mas’ud, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

صَلاَةُ الْمَرْأَةِ فِى بَيْتِهَا أَفْضَلُ مِنْ صَلاَتِهَا فِى حُجْرَتِهَا وَصَلاَتُهَا فِى مَخْدَعِهَا أَفْضَلُ مِنْ صَلاَتِهَا فِى بَيْتِهَا

“Shalat seorang wanita di rumahnya lebih utama baginya daripada shalatnya di pintu-pintu rumahnya, dan shalat seorang wanita di ruang kecil khusus untuknya lebih utama baginya daripada di bagian lain di rumahnya” (HR. Abu Daud no. 570. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih

Waktu aku ngaji sama ust Abu Aslam juga beliau berpesan hal yang sama.. tapi jangan disamain ama sholat di Masjidil Haram, Masjid Nabawi ama Masjidil Aqsha loh ya, itu totally different!
Ustad Abu Aslam ini aduh ya keren beneeer kalo ngomong hadist beliau hapal loh hadiat ini dan itu, sahih atau dhoif dan sebagainya.. Soal sholat dirumah ini shahih dan kata beliau pahalanya nggak dihitung kaya pahalanya sholat jamaah (bagi laki-laki yang terkenal 27x lipat itu) tapi dihitung sensiri oleh Allah dengan jumlah yang dirahasiakan dan diistimewakan! Masya Allah!

Nah selain dari berpegang sama hadist diatas, aku juga suka mikirin kalau aku mau i’tikaf aku harus bawa anak-anak.. Zua udah bisa ikut i’tikaf karena dia bisa sambil ngaji.. tapi Imii?! Kalo lari-lari? (Yang mana pasti terjadi di masjid luas gitu kan?!) Aku akan mengganggu ibadahnya orang lain.. Soalnya aku pernah pas sujud kepalaku didudukin sama anak kecil, dan jujur aja.. aku terganggu!

Ibadah itu kan urusan personal kita sama Allah ya.. jadi ya baiknya kita juga jalin kontak personal, jangan egois juga.. kota pengen kontak personal sama Allah tapi anak kita ganggu orang lain ibadah.. Jqngan sampe orang kesel ama kita terus ngomong nggak enak..
So buat aku sholat dirumah is the best!

3 thoughts on “#dariFB : i’tikaf

  1. Arman says:

    iya mungkin ada baiknya disediain family room gitu ya biar yang bawa anak gak ganggu orang lain yang lagi berdoa ya…

    • dhira rahman says:

      Iya man..
      Aku pernah diceritain ama temenku yang Chriatian katanya ada ya yang buat anak-anak gitu jadi mereka juga belajar dan ortunya gak terganggu..

  2. […] postingan dengan tema #dariFB yaa.. Buat yang mau baca seri pertamanya bisa klik disini […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s