Doa

Ada sebuah ceramah yang baguuus banget yang berkesan banget buat aku selama pencarianku ini.. Aku coba merangkum dan bagikan ini buat teman-teman..

“Ad du’a u mukhul ‘ibaadati”              
Artinya : do’a adalah intisari ibadah
(HR. Tarmidzi)

Doa adalah pengakuan kelemahan dan sekaligus pengakuan tentang sebuah kekuatan Yang Maha.
Doa sendiri adalah sebuah sarana yang paling mudah untuk dekat dengan Sang Pencipta karena doa tak berbatas ruang dan waktu. Doakan siapa saja, kapan saja, karena sesungguhnya doa akan kembali pada pengirimnya.

Doa yang diucapkan diam-diam untuk orang lain akan berbalik pada pengirimnya karena Allah perintahkan malaikat-Nya untuk mendoakan si pendoa.

Adab berdoa :

1. Baiknya dilakukan dalam keadaan suci
2. Mengangkat kedua tangan keatas dengan telapak tangan menghadap keatas
3. Menghadap kiblat
4. Ikhlas dan khusyu’
5. Dengan suara lembut
6. Dengan keyakinan bahwa doa dikabulkan Allah  
7. Dimulai dengan memuji Allah
8. Diakhiri dengan sholawat
9. Perbanyak istighfar

Waktu yang mustajabah u/ berdoa     

1.hari arafah (9 dzulhijjah)
2. Hari jumat
3. Bulan ramadhan  
4. Ketika berpuasa
5. Sepertiga malam terakhir
6. Antara adzan dan iqomah
7. Ketika sujud terakhir dalam sholat
8. Setelah selesai sholat fardlu
5. Saat turun hujan

Dari QS Al Ahzab : 35
“Sesungguhnya … laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar”

Dari QS Al Mu’min : 60
“Dan Tuhanmu berfirman : “berdoalah kepada-Ku niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari dari menyembah-Ku akan masuk kedalam neraka dalam keadaan hina dina”

Dalam agama apapun,

Dari QS Ar Ra’d : 28
“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingati Allah hati menjadi tentram”

Dalam agama apapun, doa memegang peranan yang sangat penting karena doa ini sarana kita “berbicara” pada Sang Pencipta..
Aku lihat teman-temanku yang Katholik, khusyuk sekali ketika berdoa salam maria dan novena, mereka juga kayaknya punya sesuatu yang mirip dengan bernadzar kalau di agama Islam, Meike sahabatku baca novena setelah anak-anaknya dinyatakan sembuh dari GBS.
Aku percaya kekuatan doa bisa mengubah dunia, sounds shallow ya tapi aku percaya dan rasanya sejak aku sering berdoa, banyak hal yang berubah dalam kehidupanku.. jadi buat yang sedih, yang takut, yang cemas, yang sakit…

I suggest you to pray

And He will listen to you

One thought on “Doa

  1. Clarissa Mey says:

    setuju, melalui doa kita semakin dikuatkan🙂
    dalam agama katolik kita berdoa novena biasanya kalau ada intensi (permohonan) khusus yg pengen sekali dikabulkan.. misalnya mau sembuh dari sakit, mau lulus UAN dll.. thanks for sharing kak🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s